Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

Pada tulisan kali ini saya tidak akan menjelaskan informasi tentang LPDP, karena untuk hal ini teman-teman bisa langsung mengakses web resmi LPDP (http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/). Pada website tersebut informasi yang diberikan sudah sangat lengkap. Mulai dari jadwal pendaftaran, persyaratan, pertanyaan umum yang sering dipertanyakan (FAQ), dan segala hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran beasiswa LPDP.

Awalnya bingung mau bikin judul apa untuk tulisan ini. Kalau bikin “tips lolos seleksi beasiswa LPDP” rasanya sedikit berlebihan dan kurang tepat, karena terkadang apa yang dilakukan seseorang belum tentu akan menunjukkan hasil yang sama ketika sesuatu tersebut dilakukan oleh orang lain. Jadi, tulisan kali ini hanya sekedar saran-saran berdasarkan pengalaman saya sendiri. FYI, saya awardee BPI LPDP-Dalam Negeri. Saya mengambil jurusan ekonomika pembangunan di Program Studi Magister Ekonomika Pembangunan FEB UGM Yogyakarta. Saya merupakan alumnus USU dengan jurusan yang sama yaitu s1 ekonomi pembangunan. Ketika mendaftar, saya mengikuti seleksi LPDP wilayah Medan.

1. Tahap Pengumpulan Berkas (online)
Pada tahap ini hal yang paling penting untuk teman-teman lakukan adalah membaca informasi sedetil-detilnya di website LPDP sebelum bertanya kepada orang-orang yang anda anggap tau tentang informasi ini. Karena, bisa saja ada beberapa informasi yang sudah berubah dan si orang tadi tidak mengetahuinya atau ada hal-hal yang terlupa. Kemudian, pastikan kamu sudah memenuhi kriteria yang disyaratkan. Jangan minder kalau kamu hanya memenuhi syarat minimum. Misalnya skor toefl atau ipk berada pada batas minimun yang disyaratkan. Selama kamu memenuhi kriteria jangan takut untuk mencoba. Jika masih ada waktu silahkan untuk mengupgrade skor toefl kamu, kalau IPK ya udah gak mungkin yaa hehe. Setelah memenuhi persyaratan silahkan upload berkas sesuai dengan ketentuan (Sebelumnya kamu harus membuat akun, panduannya ada di website LPDP).

Pada tahap ini juga diwajibkan untuk mengupload 3 tulisan (essay) yaitu: Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi tujuan. Menulis 2 (dua) esai (masing-masing 500 sampai 700 kata) dengan tema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/ lembaga/instansi/profesi komunitas saya”; dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Untuk tulisan tentang rencana studi, saya sarankan untuk mengulas secara lengkap kemana tujuan studi anda, alasannya memilih prodi dan univ tersebut, sampai dengan rencana penelitian/tesis. Kemudian, untuk essay kontribusiku bagi Indonesia sebaiknya kontribusi yang akan kamu lakukan memang sesuatu yang nyata bisa kamu lakukan, gak perlu berlebihan. Untuk kontribusi yang pernah dan sedang kamu lakukan ya utarakan saja dengan sejujur-jujurnya, misalanya seumur hidup tidak pernah membuang sampah tidak pada yang bukan tempatnya, meskipun itu sesuatu yang kecil tapi itu memiliki dampak yang sangat baik.Terakhir, Essay sukses terbesar dalam hidupku, kalau yang ini semua orang pasti punya cerita yang berbeda-beda. Intinya, ketika membuat sebuah tulisan jangan terlalu muluk-muluk, singkat (500 kata cukup sesuai batas minimal), padat, dan jelas sehingga mudah dimengerti. Jadikan paragraf pertama menjadi paragraf yang menarik perhatian sehingga menimbulkan rasa keingintahuan untuk membaca paragraf-paragraf selanjutnya.

2. Tahap Wawancara dan Leaderless Group Discussion (LGD)
Pada periode 2015 awal, seleksi tahap ke-2 hanya terdiri dari wawancara dan LGD belum ada writing essay on the spot. Jadi, saya hanya menjelaskan kedua tahap itu saja. Seleksi ini bisa dilakukan dalam 1 hari atau 2 hari, bisa wawancara dulu atau LGD dulu tergantung kebijakan dari LPDP yang biasanya paling lama diumumkan h-7 test wawancara dan LGD termasuk lokasi test. Dulu, sebelum test ini saya banyak membaca pengalaman-pengalaman orang melaui blog. Tapi, sebenarnya gak perlu terlalu banyak membaca bagaimana cara orang menjawab pertanyaan-pertanyaan tertentu, karena akan mempengaruhi pola pikir mu. Pada tahap ini penting sekali untuk benar-benar menjadi diri sendiri. Selain berpakaian rapi dan sopan, hal yang penting untuk dipersiapkan adalah update pengetahuan mu tentang hal-hal yang sedang berkembang di Indonesia, baca opini-opini expertise tentang solusi yang mereka tawarkan, dan menguasai essay-essay yang sudah kamu tulis. Pewawancara terdiri dari 3 orang, yaitu: 2 orang profesor dan 1 orang psikolog. selain essay yang sudah kamu tulis terkadang permasalahan yang bersifat pribadi sering juga dipertanyakan. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang universitas dan jurusan tujuan studimu, karena dari sini bisa dinilai seberapa besar kesiapan kita. Bahkan saya ditanyai tentang nama-nama dosen di univ tujuan saya. Untuk bahasa yang digunakan bisa jadi bahasa inggris semua, bahasa indonesia semua, atau keduanya. Persiapkan yang terbaik. Cobalah untuk membuat sebuah transkrip wawancara sendiri sebgai latihan berupa pertanyaan yang mungkin ditanyakan dan jawaban yang akan kamu jawab untuk mempermudah penyusunan kata-kata sehingga kamu lebih percaya diri. Practice makes right, Repetition makes perfect. Jangan lupa baca-baca hal-hal yang berhubungan dengan keilmuan kamu dan penerapannya di masyarakat. Tunjukkan rasa percaya diri dan yakinkan pewawancara bahwa kamu orang yang pantas menerima beasiswa LPDP dan kamu akan menggunakan kesempatan itu dengan baik serta berkontribusi untuk negeri setelah lulus studi.

Pada test LGD, sesuai dengan namanya ‘leaderless’ tidak ada pemimpin dalam diskusi ini. Namun jangan takut untuk memulai pembicaraan atau menjadi moderator pada diskusi ini. Yang penting jangan terlalu mencolok, berikan kesempatan untuk semua orang berbicara, jangan biarkan ada seorang teman anda yang tidak berbicara sama sekali, jangan menyalahkan pendapat orang, berikan pujian pada pendapat teman. Sesuai instruksi, berikan solusi atas masalah yang ada denga merangkum solusi-solusi yang sudah ditawarkan.

Jangan lupa untuk berdoa, mintalah doa kedua orang tua, sesungguhnya doa memiliki kekuatan yang sangat super. Yang harus selalu diingat adalah sebaik-baik perencana dan sebaik-baik tempat meminta adalah Tuhan. Setelah melewati 2 tahap tersebut dan dinyatakan lulus, jangan terlalu gembira. Karena, sebelum Persiapan Keberangkatan (silahkan cek youtube) akan dibentuk kelompok PK dan kelompok kecil didalamnya dengan berbagai jenis tugas yang cukup menyita waktu, tapi seru kok hehe. Sebenarnya tugas-tugas yang diberikan tidak terlalu sulit, hanya saja komunikasi untuk berdiskusi dengan kurang lebih 100 orang melalui sosial media akan cukup sulit jika kita memiliki hp dengan spek rendah atau berada pada kawasan susah signal. Melihat tayangan di youtube tentang beasiswa LPDP akan menambah rasa kepercayaan diri dan semangat anda untuk mendaftar LPDP. Jika anda sudah sah menjadi awardee LPDP banyaklah bersyukur dan penuhilah janji yaitu berkontribusi dan mengabdi bagi Indonesia. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s